Cara Meningkatkan Kecepatan Internet EDGE
EDGE
Mungkin rekan-rekan yang baik hati sebelumnya sudah membaca bagaimana cara meningkatkan kecepatan internet GPRS,nah pada kali ini akan membahas bagaimana cara meningkatkan kecepatan internet EDGE.EDGE (Enhanced Data GSM Environment) adalah sebuah protokol Internet seluler yang masih banyak digunakan untuk koneksi jaringan. Ada dua alasan mengapa  menggunakan jaringan EDGE. Ponsel murah sering menggunakan EDGE dan biasanya jarang menggunakan lebih dari kecepatan 3G atau 4G, koneksi yang tersedia pada ponsel premium.Beberapa jaringan tidak menyediakan cakupan 3G atau 4G di semua area tertentu, dan semua ponsel GSM akan default ke EDGE ketika jaringan yang lebih cepat tidak tersedia. Lalu bagaimana cara neningkatkan kecepatan internet EDGE:
  • Periksa ponsel untuk memastikan bahwa Anda memperoleh banyak bar mungkin dalam sinyal seluler. Sambungan telepon seluler yang lemah akan menurunkan kecepatan internet edge. Pindah-pindahkan ponsel ke lokasi yang berbeda, atau lebih dekat ke jendela ketika di dalam ruangan, bisa meningkatkan penerimaan selular atou lokasi terpusat ditengah rumah yang terbuka tidak terhalang jendela atou sesuatu yang mengandung aliran elekromagnetik.
  • Pindahkan satu atou dua lokasi yang jauh pada posisi yang berbeda, sehingga ponsel Anda mengambil sebuah menara sel yang berbeda dari yang Anda gunakan. Koneksi jaringan seluler berbagi bandwidth internet dengan semua pengguna lain di menara yang sama, jadi jika menara yang Anda gunakan sangat sibuk, berubah ke menara yang berbeda dapat meningkatkan kecepatan internet.
  • Matikan ponsel, lalu nyalakan lagi. Ini akan memastikan bahwa ponsel Anda tidak menjalankan perangkat lunak lain yang mungkin menggunakan koneksi jaringan di latar belakang. Ini akan memperlambat kecepatan aplikasi Anda secara aktif yang digunakan.dan mempengaruhi kecepatan internet anda.
  • Cobalah aplikasi yang berbeda pada ponsel, jika Anda menggunakan ponsel yang memungkinkan instalasi software tambahan. Beberapa aplikasi jauh lebih efisien dalam menggunakan bandwidth internet daripada yang lain, dan aplikasi yang lebih efisien akan tampak jauh lebih cepat, bahkan ketika koneksi internet itu sendiri masih lambat. Jika Anda tidak menggunakan smartphone premium, hubungi operator selular untuk menentukan apakah  menyediakan aplikasi tambahan untuk ponsel Anda.
Kecepatan internet edge tergantung area tertentu dan penggunaan perangkat seluler yang mendukung