bisnis gagal

Apa yang salah pada bisnis yang saya bangun..??,,saya share bagi anda yang terjun ke dunia bisnis baik bisnis online ataupun offline yang mengalami kegagalan dan ingin cepat move on dari keterpurukan yang lebih lanjut.

Apapun bisnis yang dijalankan perlu diketahui dulu 2 hal penting sebelum terjun kedalamnya. Yaitu:

  1. KESUKSESAN
  2. KEGAGALAN

2 hal itu tidak akan terlepaskan dalam usaha apapun. Semuanya Adalah RISIKO KEHIDUPAN. Anda naik motor atu mobil ke suatu tempat, apa risikonya..??, ya tentu risikonya mungkin anda sampai tujuan dengan selamat, atau motor/mobil anda kecelakaan,,,mudah2an itu tidak terjadi yaach..

Diatas adalah sebagai contoh bahwa TUHAN Menciptakan positive dan negative,siang dan malam, pria dan wanita..semuanya adalah yang terbaik karena ada hikmah yang besar didalamnya…

Jika anda atau siapaun yang mengalami kegagalan dalam bisnis, berikut sedikit tips yang mungkin bermanfaat bagi rekan rekan semua agar bangkit kembali:

Tips Tips Bangkit Dari Keterpurukan Akibat Bisnis yang Gagal


1. REVIEW KESALAHAN

Jika anda gagal berbisnis salah satu cara agar bangkit kembali adalah dengan mereview kesalahan dalam usaha anda. Apa yang menyebabkan bisnis anda gagal, berikut pertanyaan-pertanyaan dan referensi jawaban untuk review kesalahan :

  1. Apakah ilmu saya dalam berbisnis masih minim..??. jika “YA”, tambah ilmu bisnis anda
  2. Apakah Pengalaman bisnis saya masih kurang…??, jika “YA”, belajar pada orang yang berpengalaman dalam berbisnis
  3. Apakah saya salah memilih bidang dalam bisnis..??, jika “YA”, Rencanakan mata-matang sebelum terjun didalamnya dan pilih bidang usaha yang sangat disukai.
  4. Apakah anda berbisnis berlaku jujur …?, jika “ TIDAK”, Jujur dalam berbisnis akan meningkatkan penjualan, karena orang akan percaya pada usaha yang dijalankan. Sekali kita tidak jujur pada konsumen, dia(konsumen) akan menceritakan kejelekan-kejelekan bisnis anda pada orang lain termasuk share di media social,blog dan forum-forum tentang keburukan bisnis anda.
  5. Apakah Pelayanan yang diberikan pada pembeli buruk sekali…?, Jika “ YA”, kini saatnya memperbaiki service yang bagus pada konsumen. Sekali konsumen merasa dilayani dengan buruk maka dia akan memberitahu pada orang lain tentang keburukan usaha anda dan akan banyak yang tidak merekomendasikannya.
Diatas adalah 5 pertanyaan dan jawaban penting yang pada umumnya orang gagal dalam bisnisnya dari salah satu 5 pertanyaan dan jawaban diatas..Jika anda sudah menjalankan semua itu insya Allah kegagalan dapat diminimalisir sedini mungkin sebelum terjun didalamnya.

2. TENANGKAN JIWA

Jika anda mengalami kegagalan, hal yang penting jangan membiarkan diri anda stress, itu adalah berbahaya,,percayalah bahwa jika kita sudah bekerja keras semaksimal mungkin dan berdoa sekuat tenaga lalu hasilnya GATOT alias gagal total, BELIEVE IT NOT, Itu Semua ada hikmahnya,,Ingat dibalik kejadian ada hikmah yang besar. Dengan sharing kegagalan anda ke keluarga dan orang-orang yang mempunyai ilmu berbisnis, hal itu akan membuat beban dalam jiwa dan pikiran kita akan tenang karena mereka mungkin memberikan solusi dan saran-saran pada anda.

3. TIRU ORANG SUKSES YANG SEBELUMNYA GAGAL

Orang-orang yang sukses dalam berbisnis biasanya orang mempunyai hati yang kuat, tidak mudah menyerah, mau bekerja keras, dan dia menyerahkan hasil akhir dari kerja kerasnya baik atau buruknya hanya pada TUHAN itu adalah jalan terbaik. Berikut adalah orang-orang sukses dalam bisnis sebelumnya pernah gagal.

  • Colonel Harland David Sanders, Founder Of  KFC


Colonel Harland david sanders adalah pendiri dari KFC meskipun sekarang sudah meninggal dunia,,rasa ayam goreng KFC di seluruh pelosok dunia sudah bisa dinikmati termasuk diindonesia, Tetapi yang perlu anda ketahui bahwa sebelum KFC terkenal dan sukses sekarang ini, awalnya Colonel Harland david sanders pernah beberapa kali mengalami kegagalan seperti dipecat dari pekerjaan.

Dia Pun tidak menyerah dan langsung pergi ke pelosok Amerika serikat untuk mencari orang/agen bantuan untuk menjual goreng ayam buatannya setelah deal mencapai kesepakatan nama KFC pun lahir dan sampai saat ini KFC sudah mempunyai kurang lebih 18.000 cabang di seluruh dunia

  • Henry Ford, Pendiri Ford Motor Company



Henry Ford adalah pendiri Ford Motor Company, pada masa kecil ford sempat tidak lulus sampai SD,,berjalannya waktu henry ford saat muda belia pernah merasakan pahitnya kegagalan dalam bisnis otomotivenya dan sampai akhirnya dia menemukan rekan bisnis yang tepat.
Dia pun sekarang belajar dari kesalahan dan memperbaiki bisnisnya. Sekarang henry ford mampu mengembangkan Perusahaan Ford Motor Company

  • Mark Zuckerberg


mark-zuckerberg

Mark Elliot Zuckerberg adalah seorang programmer komputer dan pengusaha internet AS. Dia adalah CEO, chief executive officer, dan co-pendiri Facebook . 

Kekayaannya diperkirakan hampir USSD 53,6 Billion pada tahun 2017, dan merupakan orang terkaya ke-5 di dunia. Taukah anda bahwa mark zuckerburg sebelum mengembangkan facebook dulunya keluar dari universitas drop out dan dia tidak pernah mempunyai gelar apapun.

4. BERGAUL DENGAN ORANG-ORANG SUKSES

Salah satu cara agar bangkit dari keterpurukan adalah dengan bergaul dengan orang-orang yang sukses dalam menjalankan bisnis. 

Berbincang-bincang seputar pengalaman mereka dari awal merintis sampai jatuh bangun hingga berhasil biasanya membuat mental seseorang yang terpuruk akibat kegagalan bisnis menjadi terpacu dan bersemangat untuk memulai dan membangun kembali usaha baru atau lama dengan mengambil ilmu-ilmu yang didapat dari orang-orang yang sukses dan tentu memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dibuat sebelumnya.

5. MINTA TIPS DAN NASEHAT DARI MOTIVATOR

Jika anda mengalami kegagalan dalam berbisnis baik bisnis online atau offline, ada baiknya untuk minta saran, solusi, dan nasehat dari seorang motivator. 

Motivator adalah orang yang ahli mendorong semangat seseorang yang lagi terpuruk (down) agar bangkit kembali dan menata rencana hidup dengan lebih baik. 

Motivator itu tidak terpaku pada orang-orang intellectual saja, seorang motivator handal bisa saja dating dari seorang ulama, orangtua,saudara,teman ataupun pacar anda. Semua orang terdekat anda bisa menjadi motivator handal asalkan anda percaya pada dia(motivator).