Bagimana cara menerapkan seo wordpress yang benar mungkin itu adalah pertanyaan yang sering diajukan pada diri anda sendiri yang baru dan pemula dalam membuat blog wordpress. 

Tahukah anda banyak seperti saya yang beberapa tahun lalu yang baru belajar membuat website tidak tau menau tentang SEO wordpress dan pada akhirnya banyak kesalahan-kesalahan yang dibuat sendiri. 

Untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu, maka pada kali ini saya sharing pada anda semua tentang bagaimana cara menerapkan SEO wordpress yang benar agar terhindar dari kesalahan yang fatal yang akan berakibat pada penurunan rangking website anda.

9 CARA MENERAPKAN SEO WORDPRESS AGAR OPTIMAL UNTUK SEO


1. SETTING PERMALINK


Pada bagian setting Permalink yang harus diedit adalah pada bagian pengaturan klik drowdown ke bawah menuju PERMALINK = Tab terbuka = disana Anda EDIT URL permalink dari default ke URL yang bersih lihat gambar dibawah agar lebih jelas :

setting permalink seo

2 INSTALL PLUGIN SEO WORDPRESS


Hal Yang perlu dilakukan dan yang harus diinstall setelah anda baru pertamakalinya membuat blog wordpress adalah install plugin seo wordpress. Kenapa ini begitu penting..?? karena Tanpa plugin seo, website anda mungkin kurang optimal dari sektor SEO-onpage


3 OPTIMALKAN KECEPATAN WEBSITE



speed seo wp

Sehebat apapun atau setenar apaun blog anda akan percuma jika website wordpress anda mempunyai loading blog yang lambat hal ini akan mempenagruhi pada akses pengunjung yang akan segera menutup blog anda jika kecepatannya begitu lambat, dan kecepatan website juga menjadi bagi bagian dari SEO pada saat ini. 

GOOGLE mengumumkan bahwa load speed website yang cepat akan mempunyai ranking yang lebih baik jika dibandingkan blog yang kecepatannya lambat, meskipun untuk rank sebuah website ada hampir 200 faktor dan speed website adalah salah satunya diantara 200 faktor tersebut

REKOMENDASI PLUGIN UNTUK KECEPATAN : 

4 STABILITAS WEB HOSTING


seo wordpress hosting

Ya anda sekarang sudah install plugin seo dan performa, akan tetapi mungkin anda bertanya-tanya kok website saya loadingnya masih lemot..???, ya anda harus cek stabilitas hosting server anda.
  • APAKAH WEB HOSTING ANDA STABIL ATAU SERING DOWN..??
  • APAKAH WEB HOSTING ANDA MEMPUNYAI FITUR PERFORMA YANG BAGUS SEPERTI SSD SERVER, FITUR RALIGUN (CLOUDFLARE)..???
  • APAKAH WEB HOSTING YANG ANDA GUNAKAN MEMPUNYAI FITUR SECURITY YANG BAIK..??
Semua pertanyaan diatas adalah hal penting sebelum anda sewa web hosting terbaik untuk kecepatan website anda, karena semenit aja server hosting anda down hal ini akan merugikan anda baik dari segi finansial atau dari sektor SEO itu sendiri.

WEB hosting yang baik adalah mempunyai kriteria sebagai berikut :
  • STABILITAS HOSTING YANG BAIK
  • FITUR KECEPATAN YANG DITAWRAKAN
  • FITUR SECURITY YANG BAIK
  • SUPPORT YANG RAMAH DAN CEPAT
REKOMENDASI WEB HOSTING :
TUTORIAL:

5 PILIH THEME WORDPRESS YANG MOBILE FRIENDLY



seo wordpress theme

Google meng update algoritma mereka yang baru yaitu dengan lebih mengutamakan blog/website yang mempunyai tampilan ramah mobile friendly. Hal ini karena sebagian besar pengunjung datang dari smartphone dan tablet, maka dari itu situs yang mobile akan mempunyai kesempatan yang besar untuk menduduki ranking yang tinggi selain faktor kecepatan dan backlink:


REKOMENDASI THEME WORDPRESS :

6 OPTIMALKAN POST/PAGE



article seo wordpress

Artikel berkualitas adalah salah satu faktor yang menyebabkan sebuah blog begitu populer, karena blogging itu dinikmati bukan untuk mesin pencari robots tetapi untuk manusia, Bagus atau tidaknya sebuah artikel yang anda buat, jalan satu-satunya adalah dengan tanya langsung pada pembaca anda atau suruh orang lain untuk membaca artikel yang anda buat lalu apa pendapat mereka, apakah mereka senang dan terus membaca atau sebaliknya.


Disinilah pentingnya membuat artikel berkualitas dan menarik
  • Panjang Artikel minimal 500 kata lebih, lebih panjang lebih baik tetapi harus memberikan informasi yang informatip yang artinya tidak bertele-tele
  • Sisipkan Gambar yang sesuai dengan judul artikel yang anda buat, minimal tiap 200 kata sisipkan gambar 1 image, jika 1000 kata menjadi 5 gambar dan jangan lupa untuk memberi TAG ALT pada gambar
  • Masukan kata kunci yang dibidik dalam meta deskripsi
  • Masukan Keyword dalam artikel biasanya tiap 100 kata 3 kata kunci didalamnya yang disebut keyword density
  • Tambahkan TAG H2 SUB Heading pada kata kunci yang dibidik yang berfungsi untuk struktur artikel
  • Tambahkan link internal yang sesuai pada artikel yang dibuat yang berfungsi untuk SEO jika halaman yang anda buat ingin di rangking.
  • Membuat LINK External semuanya NOFOLLOW/Dofollow sekarang tidak ada bedanya.
  • Hindari menyisipkan tag script berupa IFRAME /FRAME dan FLASH ADS karena sebagian besar mesin pencari sulit untuk indeks artikel yang mempunyai ads diatas
Setelah anda optimalkan post/page dengan syarat-syarat diatas waktunya untuk publish artikel tersebut dan lihat hasil karya anda dengan share di internet apakah banyak yang suka atau tidak.

7 OPTIMLAKAN KEYWORD



keyword tools

Keyword adalah bagian penting pada seo wordpress, anda percuma buat artikel yang banyak tetapi kata kunci yang anda tuju pencariannya sangat rendah sekali. Disinilah pentingnya riset keyword agar apa yang anda buat tidak sia-sia.


REKOMENDASI ALAT KEYWORD RESEARCH :

8 BATASI SCRIPT (PLUGIN)


Script yang terlalu banyak seperti install plugin yang tidak penting itu harus dipertimbangkan untuk menghapusnya, karena script yang sesak akan mempengaruhi kecepatan website anda

REKOMENDASI TOOLS :
  • P3 PROFILLER PLUGIN: Berfungsi untuk cek plugin manakah yang menyebabkan website menjadi lambat

9 SUBMIT BLOG WORDPRESS DI GOOGLE DAN BING WEBMASTER TOOLS


Yaa anda telah menjalankan seo wordpress yang benar, inilah waktunya agar artikel yang anda buat dapat di indeks dengan cepat tidak perlu nunggu lama-lama sampai berminggu-minggu, tidak kurang dari 2 jam aja artikel yang anda baru diterbitkan akan tampil di google. Lihat gambar


webmaster tools

Di google webmaster tools klik crawl = Fetch As google (ambil sebagai google) = lalu masukan potongan URL terakhir anda = lalu klik FETCH AND RENDER

SELESAI = itu adalah trik indeks cepat di mesin pencari google